Ringkasan Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

Ringkasan/Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
Ringkasan Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. (Gambar: study.adityatekno.com)

Study.AdityaTekno.com - Berikut adalah ringkasan/rangkuman materi Informatika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Dalam materi ini membahas tentang Jaringan Komputer, Jaringan Lokal, Jaringan Internet, Konfigurasi Jaringan Komputer, Routing pada Jaringan Komputer, Komunikasi Data pada Ponsel, Terhubung ke Internet dengan Aman, Web Phising, Setting pada Jaringan Komputer.

Tangkapan layar Buku Informatika Kelas 8 Bab 5
Tangkapan layar Buku Informatika Kelas 8 Bab 5. (Sumber: Buku Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka)

A. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data.

Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet.

Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas.

Nah, jaringan lokal sering disebut juga jaringan LAN (Local Area Network), karena ya ruang lingkupnya yang kecil. Contoh dari jaringan lokal itu seperti di dalam rumah, sekolah, kampus, dll.

Jaringan lokal paling sedikit terdiri dari dua perangkat yang terhubung. Kalau ingin menghubungkan lebih dari dua perangkat dalam jaringan yang sama, butuh namanya Switch atau Router.

Switch atau router adalah perangkat keras jaringan yang menghubungkan perangkat di jaringan komputer dengan menggunakan paket switching untuk menerima dan meneruskan data dari suatu perangkat ke perangkat tujuan.

Perbedaan antara switch dan router adalah pada jaringannya.

Switch menghubungkan perangkat pada jaringan yang sama, sedangkan router dapat menghubungkan perangkat pada jaringan yang berbeda.

Selanjutnya kita bahas tentang jaringan internet. Internet adalah singkatan dari Inter-Network. Cakupan internet itu sangat luas, bisa mencakup seluruh dunia.

Agar kita bisa menikmati internet secara langsung, kita membutuhkan layanan internet dari ISP (Internet Service Provider)

Dalam jaringan internet ada istilah TCP/IP. TCP/IP singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol, merujuk pada sekumpulan protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat di jaringan komputer, termasuk internet. TCP/IP adalah standar protokol yang umum digunakan untuk mentransmisikan data antar perangkat dalam bentuk paket data.

Protokol ini terdiri dari dua lapisan utama:

  • Transmission Control Protocol (TCP): Bertanggung jawab untuk mengelola pengiriman data yang andal dan terurut antara perangkat-perangkat yang terhubung dalam jaringan. TCP memastikan bahwa data yang dikirimkan dari satu perangkat ke perangkat lain sampai dengan benar, tanpa kehilangan atau keacakan.
  • Internet Protocol (IP): Menangani penyampaian paket data antar perangkat dalam jaringan. IP memberikan alamat unik untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, yang disebut alamat IP, sehingga data dapat dikirimkan dan diterima dengan benar di antara perangkat-perangkat tersebut.

Konfigurasi Jaringan Komputer

Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan link.

Node adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan. Contohnya: Komputer, HP, Switch, Router.

Link adalah jalur transimisi data/informasi antar-node. Nama lain dari link adalah edge.

Routing pada Jaringan Komputer

Proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat.

Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. Perhatikan gambar dibawah ini:

Ilustrasi Routing pada Jaringan Komputer
Ilustrasi Routing pada Jaringan Komputer. (Gambar: Tangkapan layar dari Buku Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka)

Misal kita ingin mengirimkan data dari komputer B ke komputer D, akan ada banyak jalur ya kan? Tapi bisakah kalian simpulkan jalur mana yang terbaik?

Ingat jalur terbaik itu yang terpendek ya! Jadi jalur yang terbaik tentu saja dari Komputer B ke Router 1 lalu ke Router 4 lalu ke Komputer D.

B. Komunikasi Data pada Ponsel

Semuanya pasti pada punya smartphone atau ponsel kan? Pernah ga sih terpikirkan bagaimana ponsel kita itu bisa mendapatkan sinyal?

Untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel memerlukan suatu elemen jaringan seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari ponsel, yaitu BTS (Base Transceiver Station).

BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer. BTS di setiap wilayah itu ada banyak dan ponsel kita akan selalu memilih BTS yang terdekat ketika kita berpindah lokasi sehingga sinyalnya kuat.

Ilustrasi Ponsel selalu menerima sinyal dari BTS terdekat
Ilustrasi Ponsel selalu menerima sinyal dari BTS terdekat. (Gambar: Tangkapan layar dari Buku Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka)

Seperti gambar diatas, maka ponsel akan menangkap dari BTS A, karena yang terdekat. Nah, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan sinyal, yaitu:

  1. Jarak dari BTS, semakin dekat sinyal semakin kuat, semakin jauh sinyal semakin lemah
  2. Material bangunan, kalau materialnya terbuat dari baja atau beton itu melemahkan sinyal, karena sinyalnya terhalang.
  3. Halangan, pada dasarnya semua jenis halangan akan mempengaruhi kekuatan sinyal, apabila tidak ada halangan sama sekali seperti di lapangan terbuka sinyal akan semakin kuat.
  4. Cuaca, karena sinyal berjalan di gelombang radio melalui atmosfer, jika hujan maka sinyalnya akan langsung terganggu.
  5. Pengguna lain dalam jaringan yang sama. Karena kalau dalam sebuah area BTS ada banyak ponsel yang terhubung dengan BTS tersebut, maka kekuatan sinyal akan melemah.

C. Terhubung ke Internet dengan Aman

Pernah ga sih ketika lagi asik-asik browsing, terus buka salah satu situs muncul peringatan seperti ini:

peringatan Internet Positif
Tangkapan layar contoh peringatan Internet Positif. (Gambar: Tangkapan layar/Study.AdityaTekno.com)

Internet positif merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk melindungi kita. Situs-situs yang terblokir merupakan situs yang tidak layak untuk diakses karena berisi konten negatif, yang biasanya membahayakan pengguna, seperti:

  • pornografi
  • judi
  • SARA
  • proxy
  • Phising

Semuanya berbahaya, apalagi yang terakhir. Tahukah kalian tentang web phising?

Phishing adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui pengguna dengan maksud untuk mencuri data pengguna. Web phising merupakan situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

Misalnya kita lagi buka-buka e-mail, eh ada notifikasi dari Facebook bahwa akun kalian terkunci dan untuk membukanya harus mengklik sebuah link.

Ketika di klik tampilannya bener-bener sama persis seperti Facebook, padahal kalau kalian teliti pada bagian alamat/addressnya bukan dari Facebook.

Biasanya kan diakses melalui facebook.com, nah pas kita klik link dari e-mail phising itu, situsnya ternyata facebook.similikitiinijangandiklik.com.

Karena tidak jeli akibat panik, kita bisa saja terjebak dan memasukan semua data yang diminta, padahal itu perbuatan hacker. Jadi, pastikan alamat situsnya sudah sesuai ya ketika mengakses suatu website!

Nah, kalau kalian ragu atas keamanan suatu situs yang ingin kalian akses, kalian bisa buka: https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/search kemudian masukan alamat yang dituju ke kotak kolom pencarian, nantinya akan muncul apakah situs tersebut aman atau tidak.

Itulah Ringkasan Materi Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Semoga ringkasan di atas bermanfaat. Terima kasih.

Sumber referensi: Buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka, dan Berbagai sumber

----

Penelusuran terkait

  • rangkuman informatika kelas 8 bab 5 kurikulum merdeka
  • bab 5 jaringan komputer dan internet kelas 8
  • materi informatika kelas 8 bab 5
  • rangkuman informatika kelas 8 bab 5
  • rangkuman jaringan komputer dan internet kelas 8
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url