Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

Ringkasan/Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
Ringkasan Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. (Gambar: study.adityatekno.com)

Study.AdityaTekno.com - Berikut adalah ringkasan/rangkuman materi Informatika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Dalam materi ini membahas tentang Pengantar Jaringan Komputer dan Internet, World Wide Web (WWW), Koneksi Internet, Wireless LAN (Wi-Fi), Tethering, Proteksi Data dan File, Cara Kerja Enkripsi, Caesar's Cheaper.

Tangkapan layar Buku Informatika Kelas 7 Bab 5
Tangkapan layar Buku Informatika Kelas 7 Bab 5. (Sumber: Buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka)

A. Pengantar Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jaringan komputer memiliki berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti:

  • Local Area Network (LAN) - LAN adalah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya.
  • Corporate Area Network (CAN) - CAN adalah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN.
  • Metropolitan Area Network (MAN) - MAN adalah jaringan komputer pada area kota metropolitan.
  • Wide Area Network (WAN) - WAN adalah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.
  • Internet - Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected.

Saat ini internet mengacu pada sistem jaringan komputer global yang menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Ukuran kecepatan saat mengakses internet disebut lebar pita atau bandwidth

Kamu ketika mengakses internet pasti sering nulis 'www' ya, kan? Lantas, apa itu www? WWW adalah singkatan dari World Wide Web, bisa disebut web saja.

Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL)

Web atau situs web memiliki halaman-halaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web server dalam bentuk hypertext markup language (html) file.

Halaman web berisi data dan informasi yang dapat memiliki hyperlinks/links yang merujuk ke halaman web lainnya sehingga halaman web bisa menjadi saling terhubung.

Ketika mengakses situs web, sebuah peramban web akan membaca halaman-halaman web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau aturan pentransferan hypertext.

Dengan hyperlinks inilah, seakan-akan pengguna ‘meloncat’ dari suatu halaman situs web ke halaman situs web yang lain.

Proses meloncat dari satu tempat ke tempat lain melalui web ini sering disebut ‘surfing on the web’ atau berselancar di web.

Nah, ketika kita terhubung dengan internet, tidak hanya untuk mengakses website saja. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika mengakses internet. Karena banyaknya kegiatan tersebut, maka banyak juga istilah yang muncul, seperti:

  1. Surel atau e-mail, untuk mengirim surat.
  2. e-Banking, untuk akses akun bank secara online.
  3. e-Learning, untuk belajar pada situs website, seperti kamu saat ini di Study.AdityaTekno.com.
  4. e-Commerce, untuk belanja online.
  5. e-Government, untuk mengakses layanan pemerintahan.

Dan masih banyak lagi sebenarnya, tapi itu saja yang perlu kamu ingat untuk saat ini.

B. Koneksi Internet

Kita telah mempelajari bahwa internet itu menghubungkan satu komputer atau perangkat dengan komputer atau perangkat lainnya di belahan dunia.

Untuk mengakses internet tentu saja kita membutuhkan sebuah koneksi. Nah, kita akan pelajari dua koneksi yang biasa digunakan saat ini, yaitu Wi-Fi dan tethering. Yuk kita pelajari lebih jauh!

1. Wireless LAN (Wi-Fi)

Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor.

WLAN modern didasarkan pada standar IEEE 802.11 dan biasanya dijual dengan nama merek Wi-Fi.

Kamu dapat membuat komputer kamu terhubung dengan internet melalui Access Point dan mengakses sumber daya yang tersedia di internet sebagai jaringan komputer terbesar di dunia.

Tahukah kamu, cara mengkoneksikan komputer atau hp kamu dengan koneksi Wi-Fi? Itu sangat mudah ya, tapi mari kita bahas singkat ya! 

Langkah untuk mengaktifkan koneksi Wi-Fi di komputer melalui Control Panel:

  1. Klik Start untuk membuka menu pada windows.
  2. Pilih atau cari Control Panel.
  3. Setelah berada di dalam Control Panel, pilih Network Connection.
  4. Maka, akan terlihat jaringan Wi-Fi yang tersedia dalam jangkauan.
  5. Lalu, pilih salah satu Wi-Fi Hotspots yang tersedia.
  6. Tekan Connect dan masukan password.
  7. Selesai.

Langkah untuk mengaktifkan koneksi Wi-Fi di komputer melalui taskbar:

  1. Lihat pojok kanan komputer kamu dan klik bagian yang melengkung.
  2. Pilih SSID atau nama jaringan yang ingin dikoneksikan.
  3. Tekan Connect dan masukan password.
  4. Selesai.

Langkah untuk mengaktifkan koneksi Wi-Fi di hp kamu:

  1. Untuk ponsel dengan layar sentuh, usap layar dari atas ke bawah atau dengan memilih menu settings.
  2. Sentuh lama ikon Wi-Fi
  3. Aktifkan Wi-Fi dengan mengubah switch menjadi ON.
  4. Ponsel akan mendeteksi jaringan Wi-Fi yang tersedia pada jangkauan ponsel.
  5. Pilih jaringan yang terdeteksi.
  6. Isikan password jika memerlukan password (kata sandi).
  7. Setelah terhubung, koneksi jaringan ini akan disimpan. Di kemudian hari, saat ponsel ada dalam jangkauan Wi-Fi aktif ini, ponsel secara otomatis akan terhubung ke jaringan ini.

2. Tethering

Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer atau perangkat seluler lain. Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator).

Modem adalah alat yang mampu menjadi media transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, dalam hal ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain dapat terhubung dengan internet.

Koneksi perangkat seluler dengan tethering dapat dilakukan dengan Wireless LAN (Wi-Fi), Bluetooth, atau dengan koneksi fisik menggunakan kabel.

C. Proteksi Data dan File

Enkripsi atau encryption berasal dari bahasa Yunani "kryptos" yang artinya tersembunyi atau rahasia. Enkripsi adalah suatu metode yang mengodekan data sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca sebelum dikembalikan ke bentuk aslinya (didecrypt).

Enkripsi menggunakan algoritma tertentu yang mengubah data asli menjadi data terenkripsi. Algoritma tersebut biasa disebut Cipher. Salah satu cipher yang sederhana adalah Caesar’s Cipher yang melakukan penggeseran alfabet.

Algoritma ini menggunakan nama Caesar karena terinspirasi oleh Julio Caesar seorang Kaisar Romawi yang menggunakan algoritma ini saat berkorespondensi.

Nah, caranya ini mudah karena hanya menggeser atau mengganti seluruh alfabet atau huruf ke huruf sebelumnya.

Contoh, kata asli: "S E L A M A T", akan digeser setiap hurufnya ke huruf sebelumnya menjadi: "R D K Z L Z S". Mudah, kan?

Sebenarnya tidak ada aturan khusus harus satu huruf sebelumnya, kamu bisa saja mengubahnya menjadi satu huruf setelahnya atau dua huruf sebelumnya dan sebagainya, bahkan kita bisa mengganti huruf tersebut dengan huruf lain sehingga menjadi tidak bisa ditebak.

Selain enkripsi, ada istilah dekripsi. Dekripsi adalah proses yang membalik enkripsi, mengambil pesan rahasia dan mereproduksi teks asli. Secara logika proses dekripsi itu sangat sulit tergantung dari tingkat kekuatan enkripsi.

Bahkan bisa dibilang mustahil untuk melakukan dekripsi selain oleh orang yang meng-enkripsi file itu sendiri. Proses dekripsi itu ibarat mencoba menebak-nebak password Wi-Fi orang lain. Jadi, proteksi enkripsi ini sangat bagus untuk memproteksi file yang penting bagi kamu.

Itulah ringkasan/rangkuman materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Semoga ringkasan ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber referensi: Buku Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka, dan Berbagai sumber

----

Penelusuran terkait

  • rangkuman informatika kelas 7 bab 5 kurikulum merdeka
  • bab 5 jaringan komputer dan internet kelas 7
  • materi informatika kelas 7 bab 5
  • rangkuman informatika kelas 7 bab 5
  • rangkuman jaringan komputer dan internet kelas 7

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url