Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri, Tujuan, Struktur dan Contohnya

apa itu teks eksplanasi
Pengertian teks eksplanasi adalah. (Gambar: study.adityatekno.com)

Pengertian Teks Eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan secara rinci tentang suatu hal atau fenomena. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang suatu topik tertentu, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan budaya. Biasanya teks eksplanasi digunakan dalam kegiatan pendidikan, seperti di dalam buku teks, artikel ilmiah, jurnal, atau buku referensi.

Baca juga pembahasan mengenai Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Jenis, Struktur, Tujuan dan Contohnya.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Apa ciri-ciri teks eksplanasi? Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Faktual

Informasi yang diperoleh harus didasarkan pada fakta yang dapat dibuktikan. Penyajian berita dan fakta harus melalui riset terlebih dahulu dan harus mencantumkan sumber yang jelas.

2. Bersifat Keilmuan

Teks eksplanasi harus bersifat keilmuan dan mengikuti kaidah-kaidah keilmuan yang ada. Bahasa yang digunakan harus baku dan informatif agar pembaca dapat memahami permasalahan yang sedang dibahas.

3. Bersifat Informatif

Tulisan harus bersifat informatif dan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat tanpa kalimat ajakan atau persuasi.

4. Membahas hal-hal yang bersifat umum

Fokus teks eksplanasi pada hal-hal yang bersifat umum seperti fenomena alam, penyebab terjadinya fenomena, akar permasalahan, korban jiwa, rumah yang rusak, data pengungsi, dan lain sebagainya. Teks eksplanasi tidak untuk mengupas tuntas suatu masalah atau peristiwa, melainkan memberikan gambaran umum saja.

Tujuan Teks Eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi dan contohnya?
Ilustrasi tujuan teks eksplanasi. (Foto: unsplash)

Teks eksplanasi bertujuan untuk apa? Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan suatu peristiwa, objek, proses, atau fenomena secara rinci dan terperinci, sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas dan mudah. Teks eksplanasi ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan benar tentang suatu topik tertentu, serta untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tersebut. 

Selain itu, tujuan dari teks eksplanasi juga dapat meliputi:

  • Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu konsep atau topik tertentu.
  • Memperjelas suatu proses atau cara kerja yang mungkin sulit dipahami.
  • Mengedukasi pembaca tentang suatu fenomena atau peristiwa tertentu.
  • Menjelaskan suatu permasalahan atau masalah yang kompleks secara mudah dipahami oleh pembaca.
  • Memberikan informasi yang objektif dan terpercaya mengenai suatu topik, sehingga pembaca dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan berdasarkan fakta.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebelum menyusun teks eksplanasi, penting untuk memahami strukturnya terlebih dahulu. Struktur teks eksplanasi terdiri dari Identifikasi Fenomena, Penggambaran Rangkaian Kejadian, dan Ulasan. Berikut penjelasannya.

1. Identifikasi Fenomena

Pada tahap ini, dilakukan gambaran awal tentang fenomena yang akan dibahas. Contohnya, jika topiknya adalah kebakaran hutan, definisi dan dampak dari fenomena tersebut dijelaskan pada paragraf pertama.

2. Penggambaran Rangkaian Kejadian

Pada struktur kedua, dijelaskan proses atau rangkaian kejadian yang menyebabkan terjadinya fenomena tersebut. Misalnya, penjelasan tentang penyebab atau tahapan terjadinya kebakaran hutan.

3. Ulasan

Struktur terakhir pada teks eksplanasi adalah ulasan, yang berisi komentar atau penilaian penulis mengenai dampak dari fenomena yang dibahas.

Pahami juga mengenai Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, Struktur, Jenis, Unsur, Tujuan dan Contohnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Untuk menulis karya non sastra, terutama teks eksplanasi, penting untuk memahami kaidah kebahasaan yang digunakan. Tidak dapat sembarangan menggunakan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi. Beberapa kaidah yang perlu diperhatikan adalah:

1. Gunakan Kalimat Pasif

Penggunaan kalimat pasif dalam teks eksplanasi sangat umum untuk menghindari subjek sapaan yang berlebihan. Awalan di- atau ter- sering digunakan sebagai tanda penggunaan kalimat pasif.

2. Gunakan Konjungsi Kausal dan Temporal

Konjungsi kausal dan temporal digunakan untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat dan urutan waktu dalam menjelaskan peristiwa.

3. Gunakan Bahasa Ilmiah

Penggunaan bahasa ilmiah disarankan dalam teks eksplanasi untuk menjelaskan peristiwa dalam bidang ilmu tertentu.

4. Gunakan Kata Kerja Material dan Rasional

Kata kerja material dan rasional digunakan untuk menggambarkan tindakan yang melibatkan panca indera, seperti melihat dan mendengar.

5. Sifatnya Informatif

Teks eksplanasi harus memiliki sifat informatif, tanpa tujuan ajakan atau persuasif, untuk memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa atau kejadian.

Contoh Teks Eksplanasi

Agar lebih memahami dalam pembuatan teks eksplanasi, berikut adalah contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Perubahan Iklim

Identifikasi Fenomena:

Perubahan iklim adalah fenomena global yang sedang terjadi dan memengaruhi kehidupan manusia serta makhluk hidup lain di bumi. Perubahan iklim terjadi akibat dari peningkatan suhu rata-rata atmosfer yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Penggambaran Rangkaian Kejadian:

Gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, penggunaan kendaraan bermotor, dan deforestasi, memicu terjadinya peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi. Kemudian, peningkatan suhu ini menyebabkan perubahan cuaca yang drastis, seperti kenaikan suhu udara, peningkatan intensitas hujan, dan kenaikan permukaan air laut.

Efek lanjutan dari perubahan iklim termasuk kerusakan lingkungan, kekeringan, banjir, dan penyebaran penyakit yang semakin meluas. Selain itu, perubahan iklim juga mempengaruhi ekonomi, termasuk sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata, yang semuanya sangat bergantung pada faktor lingkungan.

Ulasan:

Perubahan iklim bukanlah isu yang bisa diabaikan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perubahan iklim telah menyebabkan dampak yang signifikan pada manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, tindakan yang cepat dan tepat perlu diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi dampak perubahan iklim yang semakin memburuk. Setiap individu harus berperan aktif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, mulai dari pengurangan penggunaan kendaraan pribadi, penghematan energi, dan mendukung program-program pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim.

Itulah pembahasan mengenai pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, serta contoh teks eksplanasi. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url