Pengertian Makalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Makalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Jenisnya - Pada umumnya makalah dibuat untuk memenuhi tugas tertu seperti tugas akademik maupun non-akademik. Sebuah makalah biasanya digunakan sebagai sarana informasi, demonstrasi dan pemahaman penulis tentang pokok permasalahan yang dikaji oleh penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan masalah tertentu.
Pengertian Makalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Jenisnya Pengertian Makalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Jenisnya - Pada umumnya makalah dibuat untuk memenuhi tugas tertu seperti tugas akademik maupun non-akademik. Sebuah makalah biasanya digunakan sebagai sarana informasi, demonstrasi dan pemahaman penulis tentang pokok permasalahan yang dikaji oleh penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan masalah tertentu.

Baca Juga : Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Jenis-jenis Proposal

Tidak hanya itu, makalah bukan hanya sebuah rangkuman namun sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Pengertian Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah dengan topik atau pembahasan tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Biasanya makalah dibuat untuk memenuhi tugas akademik maupun non-akademik.

Ciri-ciri Makalah

Ciri-ciri makalah antara lain sebagai berikut :
  • Akurat dan Menyeluruh. Maksudnya, makalah yang dibuat harus menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.
  • Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya. Maksudnya, ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.
  • Seimbang. Maksudnya, makalah yang dibuat harus mempunyai sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.
  • Tertata dengan Baik. Maksudnya, penulisan sebuah makalah harus tertata dengan baik dan rapi, mempunyai tujuan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Fungsi Makalah

Fungsi dari makalah adalah sebagai berikut :
  • Untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, sehingga menjadi semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh pembacanya.
  • Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulisnya.
  • Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoris maupun konsep praktis.
  • Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Jenis-jenis Makalah

Berikut adalah jenis-jenis makalah :
  1. Makalah Deduktif. Makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.
  2. Makalah Induktif. Makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.
  3. Makalah Kajian. Makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial.
  4. Makalah Kerja. Makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.
Sekian artikel tentang Pengertian Makalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.
Hi, Aku Aditya Nur Kahfi, biasa dipanggil Adit. Seorang Blogger, Content Writer, CEO & Founder AdityaTekno.com dan juga Editor/Redaktur di Portal Berita Lokal iNews.id - iNewsBekasi.id.

Posting Komentar

© Study Aditya. All rights reserved. Developed by Jago Desain